Home / Berita / Operasi Seaport Interdiction di Pelabuhan Bakauheni Berhasil Mengungkap Peredaran Narkoba

Operasi Seaport Interdiction di Pelabuhan Bakauheni Berhasil Mengungkap Peredaran Narkoba

JNewstv.com | Jakarta — Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri telah berhasil melaksanakan Operasi Seaport Interdiction di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Operasi ini dilakukan dengan dukungan penuh dari Polsatwa Korsabhara Baharkam Polri.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Erdi A Chaniaga, mengungkapkan bahwa Operasi Seaport Interdiction berlangsung selama 10 hari, dari tanggal 3 Maret 2024 hingga 12 Maret 2024. Tim K-9 Narkotik Korps Sabhara Baharkam Polri terlibat dalam operasi ini.

Dalam hasil operasi yang diumumkan oleh Kombes Pol Erdi A Chaniaga, berhasil diamankan delapan orang tersangka yang terlibat dalam peredaran narkoba. Selain itu, ditemukan juga barang bukti seberat 80 ribu gram sabu, 1.006 butir ekstasi, dan 2.309 gram ganja.

Foto: barang bukti dan pelaku 

Operasi ini melibatkan 6 ekor anjing K9 yang memiliki kemampuan khusus dalam melacak narkoba. Keenam anjing K9 tersebut berasal dari ras German Shepherd, Belgian Malinois, dan Labrador. Mereka memiliki kekuatan penciuman sebanyak 600 juta reseptor yang hingga saat ini belum tergantikan oleh alat deteksi lainnya.

Foto: anjing pelacak

“Keenam anjing K9 ini dikendalikan oleh 6 pawang terlatih dan didukung oleh 8 personel pelindung yang telah memiliki kompetensi sertifikasi pawang K9 serta lulusan pelatihan DS ATTA Amerika Serikat,” ungkap Kombes Pol Erdi A Chaniaga.

Sasaran operasi ini adalah kendaraan yang melintas menuju penyeberangan kapal feri Pelabuhan Bakauheni. Tim K9 melakukan pengecekan terhadap kendaraan, barang bawaan, dan orang yang diduga membawa narkoba.

“Ketika anjing K9 mendeteksi adanya narkoba, mereka memberikan kode berupa perilaku menggigit, menggaruk-garuk, atau menggonggong,” jelas Kombes Pol Erdi A Chaniaga.

Barang bukti yang berhasil ditemukan selama operasi akan segera diamankan oleh pawang atau pelindung unit K9 untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh penyidik.

Kombes Pol Erdi A Chaniaga menekankan bahwa selama operasi berlangsung, situasi tetap aman dan kondusif. (Red/tim)

About Saleh Lukman

Check Also

Partai Demokrat Serahkan Formulir Pendaftaran Kombespol (Purn) Jafar Sadik Zainal Maju Pilwako Tidore 2024

JNewstv.com | Maluku Utara. Tidore – Langkah menuju Pilkada Kota Tidore Kepulauan tahun 2024 semakin …

Peringati Hari Kartini, Penyuluh Halsel Gelar Layanan KB Gratis

JNewstv.com | HALMAHERA SELATAN – Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April …

Pemuda Pancasila Malut Dukung Eka Dahliani di Pilkada Halsel 2024

JNewstv.com | MALUKU UTARA – Sejumlah nama telah menyatakan kesiapan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*