Home / Berita / Perpustakaan Cendika Desa Weda Dapat Bantuan Peningkatan Layanan Berbasis Iklusi Sosial Tahun 2021

Perpustakaan Cendika Desa Weda Dapat Bantuan Peningkatan Layanan Berbasis Iklusi Sosial Tahun 2021

JNewstv.com | Weda – Halteng
Pemerintah Desa (Pemdes) Wedana Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) mengapresiasi bantuan buku dan fasilitas pendukung dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melalui pihak ketiga yang diterima Selasa, (12/10/2021) kemarin.

Kepala Desa Wedana, Susana Adam kepada media mengaku bahwa Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial bertujuan untuk memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. ” Hal ini akan meningkat kemampuan literasi yang berujung peningkatan kreativitas masyarakat dan menipiskan kesenjangan akses informasi,” paparnya

Kades menjelaskan bahwa perpustakaan berperan memfasilitasi masyarakat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. ” Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna perpustakaan,” tutur Susana Adam.

Ia menerangkan peran perpustakaan umum dalam program berbasis inklusi sosial adalah pembinaan perpustakaan desa, sekolah, dan komunitas. Selain itu juga intervensi program, variasi layanan perpustakaan sesuai kebutuhan dan integrasi program dengan stakeholder atau institusi pemerintah. “Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial mensyaratkan komitmen dan peningkatan kapasitas dan kualitas SDM Perpustakaan,” kata kades.

Tambah kades Susana, hal ini diharapkan menciptakan kesadaran masyarakat untuk berkembang dan keswadayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, sehingga mampu meminimalisir ketergantungan pada pihak-pihak diluar dirinya. ” Perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan perpustakaan yang memfasilitasi masyarakat dalam  mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya, kemauan  untuk menerima perubahan, serta menawarkan kesempatan berusaha,  melindungi dan memperjuangkan budaya dan Hak Azasi Manusia,” akunya

Lanjutnyq, transformasi ini bertujuan terciptanya masyarakat melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Selain itu, tujuan khususnya meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, meningkatkan penggunaan layanan oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat. ” Kemudian membangun komitmen dan dukungan stakeholder untuk transformasi perpustakaan yang berkelanjutan,” tuntasnya.

Bantuan buku yang diterima Perpustakaan Cendikia Desa Wedana  tahap pertama sebanyak 700 eksemplayer, tahap kedua berupa server, modem, access point, printer, rak buku dan sim card, serta 3 unit PC. Seluruh bantuan tersebut disalurkan melalui pihak ketiga,” tandasnya.

Tak hanya itu, Kades Wedana pun mengucapkan terima kasih kepada Perpusnas RI dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkab Halteng Arman Alting yang sudah mengusulkan Perpusdes Cendikia desa Wedana sebagai penerima manfaat dari Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ini,” terangnya.

Disisi lain harapan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Arman Alting melalui Kabid Deposit, Pengembangan Koleksi dan Pelayanan Bambang Herymanto dapat mewujudkan peningkatan layanan informasi melalui buku, komputer dan internet. Fasilitas itu diberikan sebagai wujud dari kepedulian Perpusnas RI untuk menjadi stimulus kepada Perpusdes wedana ” Perpusdes Wedana sebagai penerima
manfaat agar dapat aktif melakukan kegiatan literasi yang mengembangkan potensi masyarakat setempat,” tutupnya. (Kemal Swedya)

About Redaktur

Check Also

Dirjen Veri Dorong Iklim Dagang Bentukan Konsumen Berdaya & Pengusaha Amanah

JNewstv.com | JAKARTA Gawat, produk emas dimanipulasi. Gelagat dugaan pelanggaran yang merugikan masyarakat konsumen ditemukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*