Home / Jnews Malut / Kab. Halut / Desa Mahia Terpilih Sebagai Desa Standar Jaminan Sosial Tenaga Kerja

Desa Mahia Terpilih Sebagai Desa Standar Jaminan Sosial Tenaga Kerja

JNewstv.com | Tobelo.
Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS) , Melaunching Desa Mahia, kecamatan Tobelo Tengah sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Selasa (27/8), di Kantor Kepala Desa Mahia.

Launching dilakukan langsung Oleh Bupati Halmahera Utara di dampingi Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sulawesi-Maluku, Toto Soharto. dihadiri Asisten 1 Bidang Pemerintahan Pemkab Halut, Drs Erasmus Josehp Papilaya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, Jesaya Tidore, perwakilan Dinas Ketenagakerjaan Camat Tobelo tengah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tobelo, Masyarakat Desa Mahia dan para kepala desa sekecamatan Tobelo Tengah .

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sulawesi-Maluku, Toto Soharto dalam laporannya mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu program pemerintah yang merupakan penyelenggara jaminan sosial di Indonesia.

Ia menjelaskan, ada 4 layanan yang dikelola BPJS ketenagakerjaan, yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun.

” Pada bulan Agustus di tahun ini kami BPJS ketenagakerjaan melakukan kegiatan yang sama  serentak di seluruh wilayah Indonesia “, ucapnya.

Ia juga menjelaskan dipilihnya desa mahia, kecamatan Tobelo tengah, sebagai desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan karena desa tersebut sudah terdaftar di tenaga kerjaan dan  memiliki kelompok tani serta kelompok nelayan yang sudah dilindungi oleh jaminan Ketenagakerjaan.

“Desa Mahia, kami pilih sebagai Desa Sadar yang pertama di kabupaten Halmahera Utara” ujar Toto Soharto.

Toto Soharto juga menambahkan, Sampai dengan Juli 2019 Jumlah orang Halut dengan NIK Halut yang terdaftar menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan 13.010 tenaga kerja atau sekitar 27% dibandingkan dengan potensi pekerja dari data Bappenas

Sedangkan peserta yang telah terdaftar di KCP Halut yang wilayah kerjanya 3 kabupaten (Halut, Morotai) Sebanyak 10.427 Tenaga Kerja.

Bupati Halmahera Utara, Ir.Frans Manery  dalam sambutannya  menyambut baik atas dilaunching nya Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Hal ini menunjukkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan peduli mengambil bagian bersama-sama Pemda untuk membantu masyarakat dihalmahera Utara.

Bupati berharap, dengan dilaksanakannya launching Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan dapat memberi pembinaan dan pemahaman kepada masyarakat desa Mahia dan Desa-desa lainnya akan pentingnya sebuah jaminan sosial, untuk melindungi serta mampu mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya tanpa terkecuali.

“Dengan dilauncingnya Desa Mahia, Kecamatan Tobelo tengah sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, kiranya dapat menginspirasi desa lainnya untuk bisa ditiru oleh desa lainnya, sehingga semua warga desa sadar akan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” Ungkap Bupati.

Pada kesempatan tersebut Bupati melakukan pemukulan Gong sebagai tanda di launchingnya Desa Mahia sebagai desa sadar Ketenegakerjaan di dampingi Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sulawesi-Maluku, Toto Soharto kemudian di lanjutkan peresmian Gapura Desa Mahia ditandai Penandatangan prasasti dan dilanjutkan dengan Penyerahan kartu Peserta BPJS ketenagakerjaan, kartu peserta penerima upah serta penyerahan sertifikat kepesertaan dan Klaim Jaminan Kematian, dan kemudian dilanjutkan Dengan sesi Wawancara oleh insan pers kepada Bupati Halut, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi-Maluku. (Roby)

Sumber : Humas Pemda

About jnews

Check Also

Target Investasi Rp 1.650 Triliun Tahun 2024 Diharapkan Terwujud Meskipun Tantangan Ekonomi Global

JNewstv.com | Jakarta — Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, menyatakan keyakinannya …

Wakapolda Malut Panen Perdana Labu Madu di Halmahera Utara

JNewstv.com|Tobelo-Halut Wakapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Samudi S.I.K., M.H., melaksanakan kunjungan kerja ke Polres Halmahera …

Wakapolda Malut Ingatkan Netralitas Polri Terkait Pemilu 2024 Di Polres Halut

JNewstv.com I Tobelo- Halut Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Maluku Utara, Brigadir Jenderal Polisi Samudi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*