Home / Berita / “Kapolda Maluku Utara Hadiri Rapat Kerja Persiapan Pilkada Serentak 2024

“Kapolda Maluku Utara Hadiri Rapat Kerja Persiapan Pilkada Serentak 2024

JNewstv.com, Ternate – Kapolda Maluku Utara turut hadir dalam kegiatan rapat kerja bersama Komite I DPD RI. Tujuan rapat ini adalah untuk membahas tahapan persiapan Pilkada Serentak Tahun 2024, bertempat di Ballroom Royal Resto Ternate, Senin, 01 April 2024.

Hadir dalam rapat tersebut Wakil Pimpinan Komite I DPD RI, dan sejumlah pejabat penting termasuk Gubernur Malut yang diwakili oleh Asisten III Setda Provinsi Malut, Kajati Malut, Danrem 152 Baabullah, Kabinda Malut, Danlanal Ternate, Ketua KPU Malut, Ketua Bawaslu Malut, serta tamu undangan lainnya.

Wakil Pimpinan Komite I DPD RI, Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni, S.H., M.Si. menyampaikan bahwa setelah Pemilu Serentak 2024 berlangsung, Indonesia akan menghadapi Pilkada Serentak pada 27 November 2024. Pilkada ini akan dilaksanakan di 545 daerah, termasuk 37 provinsi, 415 kabupaten, dan 93 kota.

Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 merujuk pada Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Kunjungan kerja Komite I DPD RI ke Provinsi Maluku Utara bertujuan untuk menginventarisasi materi pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang terkait.

Hal ini menunjukkan komitmen untuk memastikan proses Pilkada berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sementara itu, Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol. Midi Siswoko, S.I.K pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa Polda Maluku Utara telah melakukan pemetaan tingkat kerawanan di wilayah Malut secara rinci.

Kabupaten Halmahera Selatan dan Kabupaten Pulau Morotai merupakan fokus utama pemetaan karena dinilai signifikan dalam faktor keamanan terkait Pilkada.

Lanjut, meskipun survei menempatkan Maluku Utara sebagai wilayah rawan Pilkada, Kapolda menegaskan netralitas aparat TNI-POLRI dalam pengamanan Pemilu.

“Ini menunjukkan komitmen penuh Polda Malut dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses demokrasi berlangsung. Semua pihak diharapkan dapat bekerja sama untuk menciptakan Pilkada Serentak 2024 yang aman, jujur, dan berkualitas,” tutupnya. (ilon/red).

About Saleh Lukman

Check Also

PT Wanatiara Persada Pastikan PHK 3 Karyawan Tak Terkait May Day

JNewstv.com | Labuha – Manajemen PT Wanatiara Persada memastikan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap tiga …

UMC dan 172 PTMA Se-Indonesia Minta ICC Tangkap Benjamin Nyetanyahu, Pelaku Genosida Warga Palestina

JNewstv.Com | Cirebon -Jabar Aksi Bela Palestina dan Kutuk Israel di Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) …

Wakapolda Malut Pimpin Rapat Kesiapan Perpindahan SPN Polda Malut ke Gurabati

JNewstv.com | Tikep — Wakapolda Maluku Utara, Brigjen Samudi S.I.K. M.H, menggelar Rapat kesiapan perpindahan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*