Home / Pariwisata / (Seni dan Budaya / Sultan Jailolo Ahmad Syah Melaksanakan Sholat Idul Fitri 1445 Hijriah di Desa Lako Akediri

Sultan Jailolo Ahmad Syah Melaksanakan Sholat Idul Fitri 1445 Hijriah di Desa Lako Akediri

JNewstv.com | Halmahera Barat — Sultan Jailolo, Ahmad Syah, pemimpin adat dari Keraton Jailolo, melaksanakan sholat Idul Fitri 1445 Hijriah di Desa Lako Akediri, Kecamatan Sahu, pada Rabu, 10 April 2024.

Sultan Ahmad Syah berangkat dari Keraton Jailolo pada pukul 06.30 WIT dan tiba di Desa Marimabati sekitar pukul 07.26 WIT. Di sana, dia disambut oleh sekitar 25 anak-anak dan remaja yang kemudian mengiringinya menuju Desa Lako Akediri.

Setibanya di Masjid Astakin Desa Lako Akediri pukul 07.31 WIT, Sultan Ahmad Syah bersama Imam Badan Sadaha memimpin sholat Idul Fitri. Khotbah disampaikan oleh Aswandi, yang suara merdunya sangat mengharukan bagi seluruh jama’ah yang hadir, termasuk Sultan Jailolo.

Foto: Sultan Jailolo Ahmad Syah bersama perangkat adat sholat idul Fitri di mesjid Astakin Desa Loku Akediri

Sholat Idul Fitri diikuti oleh lebih dari 150 jama’ah, termasuk Sultan Jailolo Ahmad Syah, dan dipimpin oleh Imam Masjid Astakin Harun Usman bersama Badan Sadaha Masjid Astakin.

Setelah sholat, Sultan Jailolo Ahmad Syah meninggalkan masjid menggunakan mobil pribadi dengan nomor polisi DG1351 MA, yang dikemudikan oleh sopir pribadinya.

Dalam rombongan Sultan Jailolo terdapat beberapa perangkat adat Keraton Jailolo dan tokoh penting dari desa, seperti Sehohi Jailolo, Fanyira Jailolo, Ofa Jou Ngofa Radtyo Danu, Soseba Kesultanan, dan Tulilamo. Rombongan juga diantar oleh Babinkamtibmas Desa Lako Akediri.

Sultan Jailolo Ahmad Syah mengakhiri kehadirannya di lokasi tersebut dengan mengucapkan kata ‘buba joh’ bersama seluruh perangkat adat dan tokoh yang hadir, sebagai penutup rangkaian kegiatan sholat Idul Fitri 1445 Hijriah di Desa Lako Akediri, Kecamatan Sahu.

About Saleh Lukman

Check Also

Partai Demokrat Serahkan Formulir Pendaftaran Kombespol (Purn) Jafar Sadik Zainal Maju Pilwako Tidore 2024

JNewstv.com | Maluku Utara. Tidore – Langkah menuju Pilkada Kota Tidore Kepulauan tahun 2024 semakin …

Peringati Hari Kartini, Penyuluh Halsel Gelar Layanan KB Gratis

JNewstv.com | HALMAHERA SELATAN – Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April …

Pemuda Pancasila Malut Dukung Eka Dahliani di Pilkada Halsel 2024

JNewstv.com | MALUKU UTARA – Sejumlah nama telah menyatakan kesiapan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*