Home / Berita / Ichsan Gerkatin Depok Apresiasi RBA Gandeng Calon Pebasket Tuli

Ichsan Gerkatin Depok Apresiasi RBA Gandeng Calon Pebasket Tuli

JNewstv.com | JAKARTA            Pengurus Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Depok, M. Ichsan Kamil, mengapresiasi Rangers Basketball Academy menggandeng Basket Tuli Indonesia (Basti) dalam Basketball Clinic di lapangan basket Sekolah Ade Irma, Tebet Barat, Jakarta Selatan.

“Alhamdulillah, keberadaan komunitas tuli khususnya olahraga bola basket sudah diakui. Setidaknya diikutsertakan dalam program basketball clinic-nya Rangers Basketball Academy,” ujar Koordinator Komunikasi Antar Tuli PPDI Kota Depok periode 2020-2025 itu kepada media, Selasa (22/6).

Ichsan Kamil mengakui, komunitas tuli memiliki keterbatasan pendengaran sehingga berkomunikasi dengan membaca gerak bibir dan bahasa isyarat. “Tetapi secara fisik & berpikir kami normal, Alhamdulillah. Kami juga ingin menyumbangkan prestasi bagi bangsa & negara,” ujar pelatih basket tuli, yang juga ketua Gerakan Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Kota Depok itu.

Kartu Merah

Christian Ronaldo Sitepu, mantan pebasket profesional Indonesia, menyatakan acara bertajuk Deaf Basketball Coaching Clinic ini sebagai wujud nyata dalam pemenuhan hak anak Tuli dalam berolahraga dan berprestasi.
“Itu sebuah langkah kecil mewujudkan lingkungan basket yang setara untuk semua orang. Kami memang harus beradaptasi tetapi itulah bentuk kesetiakawanan pebasket, yang diinisiasi pelatih RBA sekaligus Basti, Tamiang,” ujar Sitepu, pelatih RBA bersama Bona Siregar & Dodo, dalam rilis RBA. “Kami juga tidak membedakan standar pelatihan.”

Dijelaskannya, target basketball clinic agar anak tuli bisa merealisasikan mimpi menjadi pebasket profesional tingkat nasional hingga internasional. Alhasil, pelatih RBA belajar kepada pelatih Basti seperti Ichsan Kamil, Ian Kurniawan Ramadhan, dan Iskandar Joshua Prawiro. Di antaranya bahasa isyarat, gerak tubuh, hingga menggunakan media Kartu Merah untuk isyarat pelanggaran di lapangan.

Basketball clinic yang diikuti peserta didik tuli berusia 12-17 tahun dari berbagai sekolah di Jakarta itu digelar Lapangan Basket Sekolah Ade Irma Tebet Barat, Jaksel, Sabtu (19/6). Materi pelatihan standar serta berfokus pada kemampuan fisik dan fundamental. (HRN/Nanda)

About Redaktur

Check Also

Ditpolair Polri dan PSDKP Menggagalkan Penyelundupan 125.684 Benih Lobster Senilai Rp 25 Miliar

JNewatv.com | Jambi — Tim gabungan yang terdiri dari Ditpolair Baharkam Polri, Ditpolairud Polda Jambi, …

LIRA Desak Polres Halsel Awasi Dugaan Penambangan Ilegal Galian C

Jnewstv.com | Labuha – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kabupaten Halmahera Selatan …

Relawan Bassam Jilid II Target Pilkada Halsel Satu Putaran

JNewstv.com | Labuha – Masa pendaftaran bakal calon kepala daerah di Pilkada serentak 2024 sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*