Home / Berita / Mendag Tetap Terbitkan SPI Dari Cina Meski Wabah Corona Sudah Masuk Indonesia

Mendag Tetap Terbitkan SPI Dari Cina Meski Wabah Corona Sudah Masuk Indonesia

JNewstv.com | Jakarta.
Menteri Perdagangan (Mendag) RI ,Agus Suparmanto tetap menerbitkan surat persetujuan impor (SPI) 438.802 ton gula kristal mentah & 90.000 ton bawang putih dari rekomendasi impor produk holtikultura (RIPH) Kementan sebanyak 103.000 ton,kendati Wabah virus corona yang berasal dari daerah Wuhan,Cina sudah menjalar ke Indonesia.Hal tersebut tidak menghalangi transaksi perdagangan Indonesia dengan Tiongkok

Mendag Agus Suparmanto mengatakan bahwa pemerintah telah memutuskan melakukan tambahan pasokan dengan mengimpor beberapa komoditi yang jumlahnya kurang untuk persediaan kebutuhan sampai Juni 2020, seperti daging kerbau 100.000 ton, gula konsumsi, bawang putih dan beberapa buah-buahan. Untuk menjamin ketersediaan Bahan Pokok bagi masyarakat cukup aman.

” Kendati wabah virus corona yang mulai menjangkiti warga Indonesia sangat mengkhawatirkan dan meminta pelaku usaha mengurangi ketergantungan impor barang asal Cina.Untuk menyiasati ini,saya (red- agus) menyarankan para pengusaha mencari alternatif negara lain selain Cina untuk memenuhi kebutuhan kerjasama perdagangan,” ucapnya.

The Observatory of Economic Complexity (OEC), website data perdagangan internasional dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), menyebut sebanyak 21 barang Cina yang masuk ke Indonesia sepanjang tahun 2017 dengan total nilai impor mencapai USD 34,3 miliar. Rinciannya tertinggi barang kategori mesin & elektronik sampai 41%, disusul logam (13%), produk kimia (11%), tekstil (9,2 persen), plastik dan karet (4,5%), sayuran (3,6%), & transportasi 3,0 persen.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2020, total nilai perdagangan Indonesia dan Cina mencapai USD72,82 miliar pada 2019. Neraca perdagangan Indonesia dengan China mengalami defisit sebesar USD17 miliar pada 2019, terdiri dari defisit non migas sebesar USD18,7 miliar, dan surplus migas sebesar USD1,7 miliar. (Harun /Fudin)

About Redaktur

Check Also

Pemuda Pancasila Malut Dukung Eka Dahliani di Pilkada Halsel 2024

JNewstv.com | MALUKU UTARA – Sejumlah nama telah menyatakan kesiapan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah …

Bupati Bassam Hadiri Rakornas PB, Bahas Penerapan Teknologi dan Inovasi

JNewstv.com | BANDUNG – Bupati Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional …

Rusdi Somadayo Serius Maju di Pilkada Halsel 2024

JNewstv.com | Labuha – Rusdi Somadayo nampak serius mencalonkan diri dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*