Home / Berita / Pemuda Katolik Jaga Keamanan Saat warga Muslim Sholat Di Masjid Agung Morotai

Pemuda Katolik Jaga Keamanan Saat warga Muslim Sholat Di Masjid Agung Morotai

JNewstv.com |Morotai

Toleransi antar umat beragama terlihat semakin nyata di desa Daruba, Kecamatan Morotai Selatan,Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.Paaalnya saat  warga Muslim Sholat Jum’at di Mesjid Agung,para  Pemuda Katolik menjaga keamanan agar dalam menjalankan sholat berjamaah nya lebih khusyuk. (09/12/202

Ketua Komda Pemuda Katolik Provinsi Maluku Utara,Hendrikus Wiridity SE mengatakan bahwa Pemuda Katolik  konsisten membantu lengamanan pelaksanaan sholat Jumat dan pembagian makanan Jumat Barokah.

” Saya bersama anggota selalu konsisten untuk menjaga keamanan pada waktu masyarakat muslim sedang sholat jumat berjemaah di Mesjid Agung Baiturrahman,” ucapnya.

Ia menjelaskan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Pulau Morotai sangat menghargai sesama sebagai bentuk wujud kerukunan umat beragama yang terjalin dengan kuat.

” Kegiatan ini di hadiri oleh anggota Pemuda Katolik berbagai bidang antara lain :Yosep Latu S.ip sebagai bidang Organisasi dan Kaderisasi, Riki Mook ,Wilbrordus Baluk,dan Kerin  Tunyanan sebagai Komcab Morotai dan kami  (red-Pemuda Katolik)terlibat langsung berbaur dengan Pengurus masjis Agung Baiturrahman yang mengamankan area tempat Parkir,” ungkap Hendrikus.

Ia menegaskan bahwa momentum nyata ini adalah sebagai sebuah sarana menjalin kerjasama yang solid dan memupuk persaudaraan sejati diantara sesama anak bangsa terutama di Bumi Bibir Pasifik (Kabupaten Pulau Morotai).

“Melalui kegiatan ini juga, kami ingin mempererat tali persaudaraan sejati antarumat beragama, kami ingin menunjukkan bahwa toleransi dan kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Pulau Morotai, sangat kuat dan dapat terus dijaga,” ujarnya.

Hal senada di terangkan oleh  Pastoran Gereja Katolik Pastor Paroki Hati Kudus Yesus Daruba-Morotai  Pastor Tinus Ohoiwutun. bahwa Kegiatan ini sangat luar biasa  untuk bagimana kita mempererat tali persaudaraan sejati serta silahturami  antara umat beragama (Islam-Katolik) di Pulau Morotai.

“Sehingga kedepannya kegiatan ini tetap terjaga-kontinue dan hari-hari Besar Umat Islam yang akan datang pada saat Sholat Idul Fitri dan Sholat Idhul Adha akan tetap dijaga oleh Pemuda Katolik Komcab Morotai,” tuturnya.

Koordinator Bidang Organisasi dan Kaderisasi Pemuda Katolik, Yosef Latu, S.IP menambahkan bahwa Morotai adalah Miniaturnya Indonesia untuk itu  mari kita  wujudkan kebersamaan, merawat Keberagaman di Pulau Morotai.

Uskup Amboina Mgr. Seno Ngutra sebagai Pemimpin Umat Katolik Provinsi Maluku dan Maluku Utara menyatakan bahwa agar tetap menjalin kerjasama yang solid dan memupuk persaudaraan sejati antar umat beragama di Morotai mulai sejak dini dari anak-anak dan remaja  lintas agama dengan tema “SATU CINTA SERIBU SENYUM UNTUK MOROTAI”

”  Morotai adalah Rumah kita Bersama sehingga perlu dilakukan aksi-aksi nyata secara kontinue dan damai,” Tukas Kajol sapaannya

Ia juga menuturkan, kegiatan ini menjadi pintu masuk untuk melakukan kegiatan Dialog Keagamaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk Moderasi Beragama di Pulau Morotai.

Ditempat yang sama,Ketua Badan Takmir Masjid Agung, H. Abdul Karim,  menerangkan bahwa pelaksanaan Sholat Jumat yang rutin dilaksanakan, kali ini tetap dan seterusnya diperkuat dengan konsisten hadirnya Pemuda Katolik Komcab Morotai dalam pengamanan Jamaah dan membantu membagikan makanan dan paket Jumat Barokah Kepada masyarakat sekitar Masjid dan Jamaah Sholat Jumat.(Syahril)

 

About Redaktur

Check Also

BLT 2024 Disalurkan di Desa Nyonyifi, Warga Terima Rp 1,8 Juta

JNewstv.com | Halmahera Selatan – Pemerintah Desa Nyonyifi, Kecamatan Bacan Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, telah …

Menanggapi Keluhan Nelayan Morotai, DKP: PT. Harta Samudera Masih Tetapi Bertahan Sebagai Pembeli Ikan Tuna

JNewstv.com | Pulau Morotai — Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pulau Morotai Yoppy …

Nelayan di Morotai Kecewa, PT. Harta Samudera Tidak Punya Modal Membeli Ikan

JNewstv.com | Pulau Morotai — Nelayan Desa Sangowo, Kecamatan Morotai Timur, Kabupaten Pulau Morotai, merasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*