Home / Berita / Pergantian 5 Plt Kepala Dinas di Pemda Haltim

Pergantian 5 Plt Kepala Dinas di Pemda Haltim

JNewstv.com | MABA. Bupati Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut) Drs Ubaid Yakub. MPA,akhirnya mengembalikan sejumlah jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas pada jabatan defitinitif sebelumnya. Hal itu dilakukan Bupati, paska melantik sejumlah jabatan eselon 3 dan 4 beberapa waktu lalu di Aula kantor bupati Haltim.

Pergantian tesebut dilakukan di 5 Dinas, diantaranya Dinas Perumahan dan Pemukiman, yang sebelumya dijabat Plt Kadis, Aziz Jumati digantikan oleh Muliyati, Plt Kepala Dinas Kesehatan Ikhwan, digantikan oleh Abdullah Yakub, Plt Kepala BPBD, digantikan oleh Darso Ganjal, Kadishub yang sebelumnya di jabat Irmawati, digantikan oleh Dwi Cahyo dan Plt Disnakertrans Hasan Abdl Gani diganti oleh Richard Sangadji.

Kepala BKD Haltim, Ismail Mahmud, dikonfirmasi diruang kerjanya membenarkan pengangkatan sejumlah sekretaris menjadi Plt Kepala Dinas melalui SK Bupati Halmahera Timur beberapa waktu lalu. ” Ia benar adanya, untuk Plt kepala dinas yang di jabat oleh para Kabid itu sudah dikembalikan pada jabatan sebelumya setelah Bupati mengangkat sekretaris di 5 Dinas itu menjadj Plt Kadis,” ujarnya, Senin (13/09/2021).

Ismail mengatakan, pergantian jabatan Plt. Di setiap instansi menjadi hal yang lumrah terjadi dalam birokrasi. Dimana untuk jabatan Plt Kadis yang sebelumnya di isi para kepala Bidang itu hanya mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan oleh kepala dinas sebelumnya.” Sehingga kalau sudah dikeluarkan SK baru berarti secara otomatis mereka (Kabid-red) dikembalikan pada jabatan definitif yang mereka duduki ,” katanya.

Sedangkan untuk Plt kepala Dinas Perhubungan, Irmawati yang memiliki jabatan definitif sebagai sekretaris Dinas Perhubungan secara otomatis di nonjobkan dari jabatannya karena sudah digantikan oleh sekretaris baru, Dwi Cahyo yang juga merangkap Plt Kadishub. “Karena jabatan defenitif Ibu Irma Sekretaris Dishub, ketika jabatan itu diganti sekaligus dengan Plt Kadis, maka dirinya dalam bahasa kasar di nonjob ,” lugas Dia

Sementara itu, Ismail ditanyai terkait posisi para Plt. Kadis apakah akan di defenitif kan, dirinya mengaku hal itu harus diikuti dengan asesmen yang dilaksanakan pemerintah daerah.” Jadi tidak secara otomatis, mereka harus ikut asesmen, hasilnya seperti apa itu hak proregatif pak Bupati, yang pasti untuk asesmen itu apakah dilaksankan secara keseluruhan atau hanya mengisi kekosongan jabatan kepala dinas defenitif itu menjadi ranah pimpinan,” ungkapnya.

Nur/Red

About jnews

Check Also

Baru ! GPS Hadir Beri Ruang Kreasi di Sula

JNewsTv.Com | SULA. Keinginan dan semangat di kalangan generasi muda di dunia pendidikan mendapat perhatian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*