Home / Berita / 33 Desa DiKabupaten Halsel Mendapat Pelatihan Program MBKM Mahasiswa Unkhair

33 Desa DiKabupaten Halsel Mendapat Pelatihan Program MBKM Mahasiswa Unkhair

JNewstv com | Halsel

Sebanyak 33 desa dari 3 kecamatan yakini kecamatan Bacan, kecamatan Bacan Selatan, dan Kecamatan Bacan Timur. kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) mendapat pelatihan dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang di laksanakan oleh Mahasiswa UNKHAIR, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program studi manajemen dalam pengelolaan Badan usaha Milik Desa (BUMDes) agar dapat menjadikan semangat untuk pemulihan ekonomi dengan mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).( 10/09/21)

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan dan Pengembangan Ekonomi Desa, Munadir Hamid SE.kepada RMNews.com mengatakan bahwa untuk program MBKM yang dilakukan oleh Mahasiswa Unkhair ini dapat menghubungkan antara masyarakat dan kampus serta BUMDES. ” Hubungan ini untuk berkomitmen kuat dan berkelanjutan dalam prioritas penggunaan dana desa yang di arahkan untuk percepatan aksi Sustainable Development Goals (SDGs) desa, yaitu pemulihan ekonomi dan adaptasi kebiasaan baru di desa,” ungkapnya.

Ia menjelaskann ada beberapa hal yang harus di hadapi, yang di sebut sebagai megatrend. Diantaranya adalah, perubahan geopolitik, demografi dunia, urbanisasi global, kelas pendapatan menengah, persaingan sumber daya alam, perubahan iklim dan kemajuan teknologi. ” Oleh karena itu kolaborasi perguruan tinggi ini kiranya dapat mendorong industri dari desa agar ada peningkatan ekonomi pada masyarakat,” papar Munadir.

Munadir menerangkan dengan adanya program MBKM ini, seluruh desa yang ada di Halsel ini dapat segera mendirikan BUMDES. ” Sebab bagaimana desa itu mandiri atau tidak tergantung pada tata kelola BUMDES , jadi kami minta kepada seluruh kepala desa (kades) wajib hukumnya mendirikan BUMDES,” harapnya.

Lanjut dia, kami juga berharap dengan adanya kehadiran mahasiswa di 33 desa, lewat program MBKM ini dapat berkolaborasi dengan BUMDES untuk pengembangan serta upaya revitalisasi BUMDES. ” Ini sesuai dengan desain konsep yang di tawarkan oleh Bapak Bupati Hi.Usman Sidik tentang program strategis Smart City yaitu aplikasi pendukung dan infrastruktur sarana pra sarana untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat,” tutupnya. (RF/red)

About Redaktur

Check Also

Baru ! GPS Hadir Beri Ruang Kreasi di Sula

JNewsTv.Com | SULA. Keinginan dan semangat di kalangan generasi muda di dunia pendidikan mendapat perhatian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*