Home / Ekonomi / IMF Prediksi Stabilitas Pertumbuhan Ekonomi Global di Tahun 2024 dan 2025

IMF Prediksi Stabilitas Pertumbuhan Ekonomi Global di Tahun 2024 dan 2025

JNwestv.com | Jakarta — Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan bahwa ekonomi global akan mengalami pertumbuhan yang stabil pada tahun 2024 dan 2025. (17/04/2024)

Dalam laporannya, IMF memperkirakan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) riil global mencapai 3,2% untuk kedua tahun tersebut, angka yang sama dengan tahun 2023.

Proyeksi ini didasarkan pada berbagai faktor, termasuk kekuatan ekonomi AS, permintaan yang lemah di China dan Eropa, serta dampak perang di Ukraina dan Gaza. “Ekonomi global terus menunjukkan ketahanan yang luar biasa dengan pertumbuhan yang stabil dan inflasi yang menurun, tetapi banyak tantangan masih ada di depan mata,” kata kepala ekonom IMF Pierre-Olivier Gourinchas.

IMF juga memperingatkan tentang potensi eskalasi konflik Timur Tengah yang dapat membatasi pertumbuhan ekonomi, meningkatkan harga minyak dan inflasi, serta memicu kebijakan moneter yang lebih ketat oleh bank-bank sentral.

Di sisi lain, IMF merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi AS menjadi 2,7% pada 2024, naik tajam dari 2,1% dalam proyeksi Januari 2024. Hal ini didorong oleh peningkatan lapangan kerja dan belanja konsumen yang lebih tinggi dari perkiraan.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Eropa diperkirakan melambat dengan perkiraan pertumbuhan zona euro 2024 direvisi turun menjadi 0,8% dari 0,9% pada Januari, terutama karena lemahnya sentimen konsumen di Jerman dan Prancis.

Di China, IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun 2024 yang turun menjadi 4,6% dari 5,2% pada 2023, dengan penurunan lebih lanjut menjadi 4,1% di tahun 2025.

Secara mengejutkan, IMF menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Rusia menjadi 3,2% pada 2024 dari 2,6%. (Monmon/Red)

About Saleh Lukman

Check Also

Hasil Verifikasi Polres Halteng,UD Putra Jaya Milik Salim Sanusi Legal

JNewstv.Com | Weda-Halteng Menyikapi berbagai laporan tentang peredaran kayu ilegal yang menyudutkan pengusaha kayu Salim …

Bank Indonesia Malut Apresiasi Harita Nickel Sebagai Mitra Strategis

JNewstv.com | Ternate, 30 November 2023 – Perusahaan pertambangan dan hilirisasi terintegrasi berkelanjutan, PT Trimegah …

Kunjungan Kerja Danrem 152/Baabullah ke Obvitnas di Pulau Obi, Halsel, Malut

Jnewstv.com, OBi — Komandan Korem (Danrem) 152/Baabullah, Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga menggelar kunjungan kerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*