Home / Jnews Malut / Kesan dan Pesan di Kegiatan Pelatihan Jurnalistik, PT. IWIP Bersama Dewan Pers

Kesan dan Pesan di Kegiatan Pelatihan Jurnalistik, PT. IWIP Bersama Dewan Pers

“Kegiatan Pelatihan Jurnalisitik yang di selenggarakan PT. IWIP bersama Dewa Pers membawa kesan dan pesan mendalam buat peserta Pelatihan dan Penyelenggara Acara”

Ternate, Jnewstv.com – Kegiatan Pelatihan Kode Etik Jurnalis yang bertemakan “Pemberitaan Media Siber dan Cek Fakta Digital” yang dilaksanakan PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park bersama dengan Dewan Pers kemarin, Sabtu 27 April 2019 di restoran New Floridas Kota Ternate, mendapat respon baik dari para peserta pelatihan yang terdiri dari rekan rekan wartawan yang ada di Maluku Utara, baik dari Ternate, Halmahera Tengah dan Kota Tidore.

Di hari kedua pada sesi terakhir, respon maupun tanggapan serta saran dan pesan disampaikan, baik dari para peserta pelatihan mapun pemateri dan pihak perwakilan PT. IWIP sangat positif dan berdampak baik bagi perkembangan jurnalistik di Maluku Utara.

Tanggapan salah satu peserta pelatihan yang juga merupakan wartawan Istana FM yang sering di panggil bang Jaja, menyampaikan. “Dari sisi etika terutama dari cara berpakaian, sebagai seorang jurnalis yang professional mari kita tunjukan kepada public bahwa wartawan asal Maluku Utara itu memang wartawan yg menjaga etika dan wibawa pers, terutama kepada pejabat pejabat public baik itu tingkat daerah maupun pusat, mari kita tunjukan kepada masyarakat Maluku Utara dan Indonesia pada umumnya melalui pelatihan ini, saya sarankan kepada pihak PT IWIP selaku penggagasan kegiatan pelatihan ini, muda mudahan kedepan waktu yang di sediakan lebih dari ini, karna apa yang di sampaikan pemateri ini bagi saya secara pribadi belum cukup, saya masih haus pengetahuan,” tuturnya.

Kontributor wartawan tvone Ikbal Arsyad yang biasa di sapa Iki, Menyampaikan. “Pertama tama saya berterima kasih kepada PT. IWIP yang sudah mengagas kegiatan ini dan ketiga pemateri yang sudah memaparkan materinya dari kemari hingga hari ini, sangat luar biasa kita mendapatkan ilmu yang sangat sangat luar biasa, ini juga akan menjadi bekal kita pada saat peliputan nanti, namun ada hal yang mungkin belum saya dapatkan disini, karna pak banoe sendirikan mungkin orang televisi yang hadir, sedangkan disini kan bukan saja orang media cetak dan online tapi juga media televisi, kita berharap yang berkerja di televisi juga akan mendapatkan masukan atau materi tentang televisi sehingga akan menjadi bekal kita saat peliputan nanti,”.

Begitu juga penyampaian pimpinan redaksi media online teropongmalut.com Idhar Abdurahman, S.Ip,. “Kami sampaikan apresiasi kepada Dewan Pers dan PT. IWIP, yang mau menyelenggarakan acara ini, kami mendapatkan banyak ilmu baru, pengethuan baru dalam bidang jurnalistik, untuk merefres apa yang kami pelajari sebelumnya, tetapi ada beberapa hal yang belum kami ketahui, melalui pelatihan ini kami mengertahui lagi infomasi ilmu-ilmu yang baru”

“Berikut saran kami kepada dewan pers agar berikut dijadwalkan setiap tiga bulan sekali itu ada kunjunga ke Maluku Utara dalam rangka pembinaan, sebab dengan cepatnya perkembangan teknologi internet ini, orang dengan mudahnya dan gampangnya membuat media online bahkan dengan dana pas pasan, jadi kita ingginkan adanya pembinaan dan pelatihan peningkatan kapasitas baik dari sisi perusahaannya maupun SDM atau karyawannya di media online yang ada di Maluku Utara, saya kira ini penting karna memang kita inggin hidup di profesi ini, mungkin dengan PT. IWIP juga kita bisa kerjasama dalam iven iven seperti ini, karna memang jujur selama perusahaan yang bergerak di Maluku Utara yang kita tau yang menyelenggarakan iven dibidang jurnalistik kali ini itu baru PT. IWIP kita belum tau ada perusahaan lain, yang bergerak di sektor pertambangan itu belum menyelenggarakan acara seperti ini”

“Kami sangat berterima kasih kepada PT. IWIP yang sangat peduli dengan dunia pers, penting sekali yang menggarahkan adalah dari dewan pers, kita tidak inggin ada yang di korbankan, ada yang di hilangkan atau di batasi dalam beraktivitas atau berkarya di bidang jurnalistik, terutama bisnis jurnalsitiknya, itu yang kami harapkan dari dewan pers terutama peningkatan kapasitasnya, juga ukw-nya karna sudah ada banyak wartawan senior yang sudah ikut ukw, berikut peningkatan sdm atau kapasitas ini desain lah dari dasar hingga selanjutnya,” tutur idhar.

Penyampaian dari peserta pelatihan jurnalistik dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan dari pemateri dewan pers yang dimulai dari ibu Dwi Ajeng Widarini S.Sos, M.IKom,. salah satu dosen FIKOM Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama), menyampaikan. “Ini pengalam berharga juga buat kami untuk betemu dengan teman teman semua, disini kita juga akhirnya tau apa yg harus kita korbankan secara profesi sebagai seorang jurnalis, yang penting adalah kita harus belajar dan memahami kode etik apa yg menjadi pekerjaan kita, satu kita juga mungkin harus mengerti seperti apa sih… perkembangan media siber ini lumayan pesat, jadi kalau kita tidak belajar dan belajar lagi kita akan kesulitan sendiri dan harus banyak baca, karna apa yang kita baca itu juga akan mempengaruhi bagimana tingkat keingginan tahuan kita hingga akhirnya kita menulis lebih baik lagi karna pengetahuan kita cukup,” tutur Ajeng.

Penyampaiyan berlanjutk ke Pak Moebanoe Moera, salah satu anggota Dewan Pertimbangan IJTI, mengatakan. “Kehadiran kami disini bertemu teman – teman semua adalah semangat teman – teman, bahwa sebab itu kami berharapan pertahankanlah semangat yang membara ini, semangat untuk meningkatkan kopetensi masing – masing, kalau kita Beritikat akan menekuni profesi ini untuk hingga masa depan,”

“Untuk temen – temen daril televisi saya kagum, karna kalau saya sendiri kayanya ngak lengkap bagusnya kalau juga ada pembanding, saya akan sampaikan catatanmu ke penggurus dipusat in syah allah nanti responya dari teman di pusat segera kita akan dorong apa kah datang kesini atau kah kalian yang akan di undang kesana in syah allah, yang terakhir apa bila ada tingkah saya tutur kata saya yang tidak genah lebih dari kurang saya mohon di maafkan, karna semata mata saya hanya mengejar kebaikan bersama, terima ksih atas apresiasi teman teman semua,” Ucap Banoe.

Christiana Chelsia Chan, SH. MH. staf ahli dari Dewan Pers, menyampaikan. “Dari awal kami tiba kemarin, kami tidak membayang kan bahwa respon yang kami terima, seperti dua hari ini kami jalani jadi sangat luar biasa, banyak faktor kalau kegiatan ini masih ada kurang, banyak faktor kalau kegiatan ini dirasa cukup atau dipandang cukup, tapi ijinkan saya menyampaikan, kalau tadi masih ada masukan, bagi teman tv dari semingu lalu, sehari lalu, tadi malam, sampai tadi pagi, kalau mau terjun di dunia ini harus kreatif dan kreatif tidak datang dari luar, kami hanya bisa dorong, tapi kreatifitas itu datang dari dalam, tdk ada yang melarang dalam uji coba pelatihan produksi berita tadi, tidak ada satu kata pun dari kami untuk mengejar anda secara tv, tidak ada satu dari kelompok anda yang membuat itu berita secara tv, ini kritik sy kepada teman2, kalau PT. IWIP berkenan kita dorong saja PT. IWIP untuk bikin lomba karya jurnalistik dari pada tunggu dari pemda provinsi atau kabupaten dan kota,” tuturnya.

Di akhir penyampaian juga di sampikan perwakilan dari pihak PT. IWIP bagian kehumasan dan media Agnes Ide Megawati, menyampaikan. “Terim kasih sekali, saya juga termasuk agak kaget, teman – teman antusisnya besar sekali untuk hadir, saya sampai kepikiran ah… paling hari pertrama kali hari kedua ngak dating, tapi ternyata teman-teman ada disini. Saya sangat mengapresiasi dan mengirim foto ke pihak manajemen mereka juga wow….maksudnya tidak sia sialah kita mengadakan acara ini semua dan harapan kami, agar kami mendapatkan meanboard (catatan) yang lebih banyak,”

“Tadinya kami mungkin kenal 10 wartawan dari Halteng sekarang kita bertambah teman – teman dari ternate, ada yang dari tidore juga, semoga ini ngak Cuma berhenti sampai di acara ini tapi kedepanya kita semua secara bersama sama mengadakan acara lain yang tentunya membawa manfaat untuk teman – teman yang ada di Maluku Utara, jadi ngak cuma masyarakat halteng saja yang dapat manfaat dengan adanya pengadaan pelatihan PT. IWIP ini tapi bagi semuanya, kami mememang berkomitmen untuk membantu menigkatkan pendidikan dan kemampuan sdm yang ada di Maluku Utara dan terima kasih atas kehadirannya,” tutupnya. (Red)

 

About jnews

Check Also

Prabowo Subianto Temui Surya Paloh di Markas NasDem: Reaksi Partai di Koalisi Indonesia Maju

JNewstv.com | Jakarta — Pertemuan antara Presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Ketua Umum Partai NasDem, …

Dampingi Guru Bahasa Inggris SMP Muhammadiyah Se-Kabupaten Cirebon, Dosen Prodi PBI UMC Paparkan Pembuatan Presentasi Digital Berbasis Low-Tech 

JNewstv.Com | Cirebon Transformasi teknologi dewasa ini, memunculkan tantangan yang signifikan bagi sekolah dan lembaga …

KPK Memperketat Penindakan Korupsi: Hotel Mewah dan 10 Bidang Tanah Milik Gubernur Maluku Utara Disita

JNewstv.com | Jakarta — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menunjukkan komitmennya dalam memerangi korupsi dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*