Home / Berita / H-1 Pencoblosan, Ketua MPW PP Malut Ingatkan Protokol Covid-19

H-1 Pencoblosan, Ketua MPW PP Malut Ingatkan Protokol Covid-19

JNewstv.com | Ternate Kurang dari 24 jam lagi, penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 serentak akan berlangsung. Tepatnya pada Rabu besok, 9 Desember 2020.

Pilkada ini akan berlangsung pada 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 Provinsi, 224 Kabupaten, dan 37 Kota. Maka dari itu berbeda dengan pelaksanaan Pilkada sebelumnya, Pemilihan Kepala Daerah untuk lima tahun kedepan kali ini dilakukan dalam masa pandemi Covid-19. Yang mengharuskan mentaati protokol kesehatan, sebab ada 8 daerah di Provinsi Maluku Utara yang melaksanakan Pilkada serentak.

Oleh karena itu, Santrani Abusama Ketua MPW PP Malut, memberikan himbauan kepada Bupati/Walikota yang menggelar Pilkada berkoordinasi dengan penyelenggara Pemilu.

“Kepala Daerah harus berkoordinasi lintas instansi, mulai dari KPU, Bawaslu,. TNI, dan Polri dalam memastikan berjalannya Pilkada yang aman, damai dan lancar,” ungkapnya, Selasa (8/12/2020).

Ia pun meminta, memastikan protokol kesehatan dilakukan secara ketat. Apalagi masa pencoblosan rawan dengan kerumunan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Protokol kesehatan dan sarana prasarana termasuk SOP di TPS untuk menghindari kerumunan dan perlu diperhatikan masker, jaga jarak serta mengecek suhu tubuh. Memastikan pemilih diarahkan ke bilik khusus bagi pemilih terindikasi suhu tinggi dll sesuai SOP,” tegasnya.

Dirinya menekankan, agar petugas dari KPU dalam pemungutan suara, yakni Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk mengecek kesehatan.

“Para petugas dalam proses pemungutan suara perlu dicek kesehatan termasuk swab test sesuai yang direkomendasikan dalam SOP pelaksanaan pilkada sebelum bertugas,” katanya.

Santrani juga menghimbau masyarakat untuk ikut menyukseskan Pilkada serentak Tahun 2020. Dengan menjaga ketertiban agar tercapainya Pilkada yang aman, damai dan lancar. Serta meminta masyarakat, untuk tetap mengikuti protokol kesehatan saat melakukan pencoblosan. (Kemal Swedya

About Redaktur

Check Also

Bassam Kasuba Kembalikan Formulir Pencalonan ke Demokrat

JNewstv.com | Labuha – Bupati Halmahera Selatan (Halsel) Hasan Ali Bassam Kasuba yang juga menjadi …

Polres OKI Tanggap Cepat Terkait Oknum Anggota Polsek Pedamaran yang Terlibat Narkoba

JNewstv.com | Sumatra Selatan — Polres Ogan Komering Ilir (OKI) memberikan respons cepat terhadap pemberitaan …

Demokrat Halsel Buka Lebar-lebar Pintu untuk Eka Dahliani & Calon Lain

JNewstv.com | Labuha – Penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Halmahera Selatan (Halsel) untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*