Home / Berita / Polisi Gelar Prarekontruksi Pembunuhan Tiga Warga Di Hutan Halmahera

Polisi Gelar Prarekontruksi Pembunuhan Tiga Warga Di Hutan Halmahera

JNewstv.com | Malut
Pasca Pembunuhan tiga warga di Hutan Halmahera, Kepolisian Daerah Maluku Utara telah melakukan penegakkan hukum dan berbagai upaya dalam menangani kasus tersebut.

Pada Senin (29/03) Polri dalam hal ini Polres Halteng yang diback up Polda Maluku Utara telah mengelar pra rekonstruksi penanganan kasus dugaan tindak pidana pembunuhan oleh suku pedalaman yang terjadi di Hutan Halmahera tengah, tepatnya di tanah merah kali Gwonle desa Masure kecamatan Patani Timur.

Kabidhumas Polda Maluku Utara Kombes Pol. Adip Rojikan, S.I.K., M.H. menjelaskan bahwa pelaksanaan pra rekonstruksi merupakan upaya Penyidik agar mendapat gambaran rill kejadian dan proses pembunuhan yang diperagakan berdasarkan keterangan saksi yang melihat langsung kejadian pembunuhan tersebut, “Pra rekonstruksi dilakukan di Kali Beb desa Pantura Jaya Kecamatan Patani Utara yang melibatkan Personel Dit Reskrimum Polda Malut dan Sat Reskrim Polres Halteng serta para saksi”.

Lanjut Kabidhumas menjelaskan, “Pra rekonstruksi dilakukan sebanyak 11 adegan dengan memerankan adegan para korban yakni Alm. H. Masani, Alm Risno dan Alm. Yusuf Kader dan pelaku Pembunuhan serta saksi, yang diperankan oleh anggota Polri”.

Tambahnya, “Dalam pelaksanaan Pra Rekonstruksi ini, penyidik juga menghadirkan para saksi hidup yang berada di tempat kejadian perkara untuk dapat menjelaskan posisi yang sebenarnya pada saat terjadinya peristiwa dugaan tindak pidana pembunuhan”.

Dengan dilakukannya pra rekontruksi ini, merupakan progres yang bagus menuju gelar perkara peningkatan status penyelidikan menjadi penyidikan , Kabidhumas menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menyerahkan serta mempercayakan seluruh proses penegakkan hukum kepada pihak Kepolisian.

“Mari saling jaga satu sama lain, agar situasi tetap kondusif”. Tutup Kabidhumas.(Humas Polda Malut/ilon

About Redaktur

Check Also

KPK Mendorong Transparansi Pengadaan Barang dan Jasa dalam Transisi Energi PLN

JNestv.com | Jakarta — Dalam upaya mengawal program transisi energi dijalankan oleh PT PLN Persero, …

DPW RSI Maluku Utara Bagikan Takjil dan Sembako di LPKA dan LPP Ternate Jelang Ramadhan

JNewstv | Ternate — Dewan Pengurus Wilayah Rumah Sandiuno Indonesia (RSI) Maluku Utara kembali menjalankan …

Upacara Pemakaman Kedinasan untuk Kapolsek Morotai Utara, Ipda Ulham Sumarjo, S.H., Dilaksanakan oleh Polres Pulau Morota

JNewatv.com | Morotai — Polres Pulau Morotai, Maluku Utara, hari ini, Sabtu, 23 Maret 2024, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*